Pengertian dan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Dalam bab ini materi yang dibahas adalah pengertian psikologi pendidikan, sejarah perkembangan psikologi pendidikan dan ruang lingkup psikologi pendidikan . diskripsi singkat bab I ini dibangun dengan judul psikologi pendidikan, yaitu memuat kajian teoritis tentang psikologi pendidikan secara umum, dalam bab ini secara khusus di bahas tentang pengertian psikologi pendidikan secara umum, sejarah, metode dan implikasinya terhadap cabang-cabang ilmu lain, khususnya ilmu Pendidikan Agama Kristen.
Definisi psikologi adalah ilmu jiwa, atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan.
Dalam hal ini psikologi didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alasan, dan cara mereka melakukan sesuatu dan juga memahami bagaimana makhluk tersebut berpikir dan berperasaan. Definisi pendidikan sebagai usaha sengaja, sistematis dan terus menerus untukk penyampaian menimbulkan dan memperoleh pengetahuan, sikap-sikap, nilai-nilai, keahlian-keahlian, atau kepekaan-kepakaan, juga setiap akabat dari usaha itu.
Jadi kesimpulannya psikologi pendidikan adalah sebgai ilmu memberikan sumbangan dalam pemahaman dalam pemahaman tentang perbedaan karakteristik tingkah laku siswa, kondisi siswa dalam kelas, memberi pengetahuan tentang belbagai metode metode dalam pembelajaran, problem yang muncul pada siwa, dalam penyusunan kurikulum dan hasil riset belajar, riset dalm bidang pendidikan. Secara praktis psikologi pendidikan memberikan sumbangan dlam praktik penanaman aturan sekolah atau disiplin pengunaan media atau alat-alat belajar, pembuatan jadwal pelajaran dan penaganan administrasi dalam kelas dan sekolah.
Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Dr. Sentot.
Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis : Dr. Sentot.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar