ANGKATAN 2008

ANGKATAN 2008

Senin, 22 Juli 2013

Resume Buku Sosiologi Pendidikan



Oleh : Ronald Y. Sinlae, S.Th.

 
Sosiologi Pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.
Dalam buku ini  S. Nasution Mengatakan bahwa memberikan definisi sosiologi pendidikan tidak mudah. Para ahli pendidikan dan ahli sosiologi telah berusaha untuk memberikan definisi sosiologi pendidikan, namun definisi-definisi itu kebanyakan tidak terpakai oleh orang lapangan. Kesukaran untuk memperoleh definisi yang mantap tentang sosiologi pendidikan antara lain disebabkan :
(a)    Sukarnya membatasi bidang studi di antara bidang pendidikan dan bidang sosiologi.
(b) Kurangnya penelitian dalam bidang ini, dan
(c)  Belum nyatanya sumbangannya kepada pendidikan umumnya dan pendidikan
       guru khususnya.
Jadi sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis.
Aktivitas masyarakat dalam pendidikan, merupakan sebuah proses sehingga pendidikan dapat dijadikan instrumen oleh individu untuk dapat berinteraksi secara tepat di komunitas dan masyarakatnya. Pada sisi lain, sosiologi pendidikan memberikan penjelasan yang relevan dengan kondisi kekinian masyarakat, sehingga setiap individu sebagai anggota masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan pertumbuhan dan perkembangan berbagai fenomena yang muncul dalam masyarakatnya.
mengemukakan ruang lingkup sosiologi pendidikan meliputi pokok-pokok berikut ini:
1.         Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam masyarakat
a. Hubungan pendidukan dengan sistem sosial atau struktur sosial
b. Hubungan antara sistem pendidikan dengan proses kontrol sosial dan sistem
                            kekuasaan
c. Fungsi pendidikan dalam kebudayaan

d. Fungsi sistem pendidikan dalam proses perubahan sosial dan kultural atau
                            usaha mempertahankan status quo, dan
e. Fungsi sistem pendidikan formal bertalian dengan kelompok rasial, kultural
                            dan sebagainya
2. Hubugan antar manusia di dalam Sekolah
a. Hakikat kebudayaan Sekolah sejauh ada perbeadaanya dengan kebudayaan
                            diluar sekolah dan
b.Pola interaksi sosial dan stuktur masyarakat Sekolah, yang
                            antara lain meliputi berbagai hubungan kekuasaan, stratifikasi sosial dan
                            pola kepemimpinan informal sebagian terdapat dalam clique serta
                            kelompok-kelompok murid lainnya
3. Pengaruh Sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak disekolah /
lembaga pendidikan
a. Peranan sosial guru-guru / tenaga pendidikan
b. Hakikat kepribadian guru / tenaga pendidikan
c. Pengaruh kepribadian guru / tenaga kependidikan terhadap kelakuan anak /
                            Peserta didik, dan
d. Fungsi Sekolah / lembaga pendidikan dalam sosial murid / peserta didik.
4. Hubungan lembaga pendidikan dalam masyarakat di sini dianalisis pola-pola
     interaksi antara sekolah/ lembaga pendidikan dengan kelompok-kelompok sosial
     lainnya dalam masyarakat di sekitar sekolah / lembaga pendidikan.
Hal yang termasuk dalam wilayah itu antara lain yaitu :
a. Pengaruh masyakarat atas organisasi Sekolah /lembaga pendidikan
b. Analisis proses pendidikan yang terdapat dalam sistematis sosial dalam
     masyarakat luar sekolah.
c. Hubungan antara Sekolah dan masyarakat pendidikan dan
d. Faktor-faktor demografi dan ekologi dalam masyarakat yang berkaitan dengan
     organisasi Sekolah, yang perlu untuk memahami sistem pendidikan dalam
     masyarakat serta integrasinya di dalam kehidupan masyarakat.
Nasution mengemukakan ruang lingkup sosiologi pendidikan meliputi pokok-pokok berikut ini:
Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam masyarakat, Hubungan antar manusia di dalam Sekolah, Pengaruh Sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak disekolah / lembaga pendidikan, hubungan lembaga pendidikan dalam masyarakat.
KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis.
ciri-ciri sosiologi adalah sebagai berikut:
a. Bersifat empiris yaitu didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif.
b. Bersifat teoritis yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dan hasil observasi.
c. Bersifat kumulatif yaitu teori-teori sosiologi dibentuk berdasarkan teori yang ada kemudian diperbaiki, diperluas dan diperhalus
d. Bersifat nenotis yaitu tidak mempersoalkan baik buruk suatu fakta tertentu tetapi untuk menjelaskan fakta tersebut.
Buku Sosiologi Pendidikan karangan S. Nasution saya rekomendasikan kepada semua dosen pendidikan agama Kristen, mahasiswa pendidikan agama Kristen, misionaris (calon misionaris), pemimpin gereja, pelayan dan semua kategori/pelayan awam. Dimana kita sebagai orang percaya dan sebagai seorang pendidik dapat membangun suatu hubungan Sosialisasi yang baik dengan masyarakat maupun dengan ruang lingkup pendidikan. Buku ini memang disiapkan untuk mereka-mereka ini untuk memperlengkapi pengetahuan mereka.


Judul: Sosiologi Pendidikan.
Pengarang: S. Nasution.
Penerbit: Jakarta : Bumi Aksara, 2009.

Admin. Renal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar