ANGKATAN 2008

ANGKATAN 2008

Minggu, 15 Juli 2012

Psikologi Pendidikan 1

Pengertian dan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan 

 Dalam bab ini materi yang dibahas adalah pengertian psikologi pendidikan, sejarah perkembangan psikologi pendidikan dan ruang lingkup psikologi pendidikan . diskripsi singkat bab I ini dibangun dengan judul psikologi pendidikan, yaitu memuat kajian teoritis tentang psikologi pendidikan secara umum, dalam bab ini secara khusus di bahas tentang pengertian psikologi pendidikan secara umum, sejarah, metode dan implikasinya terhadap cabang-cabang ilmu lain, khususnya ilmu Pendidikan Agama Kristen. Definisi psikologi adalah ilmu jiwa, atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan. 

Dalam hal ini psikologi didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku manusia, alasan, dan cara mereka melakukan sesuatu dan juga memahami bagaimana makhluk tersebut berpikir dan berperasaan. Definisi pendidikan sebagai usaha sengaja, sistematis dan terus menerus untukk penyampaian menimbulkan dan memperoleh pengetahuan, sikap-sikap, nilai-nilai, keahlian-keahlian, atau kepekaan-kepakaan, juga setiap akabat dari usaha itu. 

Jadi kesimpulannya psikologi pendidikan adalah sebgai ilmu memberikan sumbangan dalam pemahaman dalam pemahaman tentang perbedaan karakteristik tingkah laku siswa, kondisi siswa dalam kelas, memberi pengetahuan tentang belbagai metode metode dalam pembelajaran, problem yang muncul pada siwa, dalam penyusunan kurikulum dan hasil riset belajar, riset dalm bidang pendidikan. Secara praktis psikologi pendidikan memberikan sumbangan dlam praktik penanaman aturan sekolah atau disiplin pengunaan media atau alat-alat belajar, pembuatan jadwal pelajaran dan penaganan administrasi dalam kelas dan sekolah. 

Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penulis  : Dr. Sentot.

Kamis, 12 Juli 2012

Pendidikan Orang Dewasa



Judul Buku : Pendidikan Orang Dewasa
Penulis : A.G. Lunandi
Penerbit : Gramedia Jakarta, 1987 

Admint: Renal

Pendidikan orang dewasa berarti keseluruhan proses pendidikan yang diorganisasikan, apapun isi, tingkatan dan metodanya, baik formal maupun tidak formal, yang melanjutkan maupun mengantikan pendidikan semula disekolah, kolese dan universitas serta latihan kerja, yang membuat orang yang dianggap dewasa oleh masyarakat mengembangkan kemampuannya, memperkaya pengetahuannya, meningkatkan kualifikasi teknis atau profesionalnya, dan mengakibatkan perubahan pada sikap dan perilakunya dalam perspektif rangkap perkembangan sosial ekonomi dan budaya yang seimbang dan bebas. Pendidikan orang dewasa meliputi segala bentuk pengalaman belajar yang dibutuhkan oleh orang dewasa, pria maupun wanita, sesuai dengan bidang perhatiannya dan kemampuannya. Akibat atau hasil dari pada belajarnya orang dewasa nampak pada perilakunya. Dr.Abraham Maslow mengemukakan tingkatan kebutuhan manusia yaitu: fisik, keamanan, pengakuan, harga diri dan perwujudan diri. Dari kelima kebutuhan ini haruslah dipenuhi agar bisa merasakan kebutuhan yang lebih tinggi tingkatnya. Bagi pendidikan orang dewasa ada satu hal yang terpenting yang harus diperhatikan “apa yang dipelajari pelajar bukan apa yang diajarkan pengajar” dengan kata lain, hasil akhir yang dinilai adalah apa yang diperoleh orang dewasa dari suatu pertemuan pendidikan bukan apa yang dilakukan pembimbing atau pelatih atau penceramah dalam pertemuan itu. Belajar adalah suatu proses emosional dan intelektual sekaligus. Manusia mempunyai perasaan dan pikiran. Hasil belajar maksimal dicapai apabila orang dapat memperluas perasaan mupun pikiran. Belajar juga adalah proses evolusi, kemampuan orang dewasa untuk mengerti, menerima, mempercayai, menilai, mendukung memerlukan suatu proses yang berkembang secara perlahan. Tidak dapat dipakasakan sekaligus. Perubahan perilaku tidak dapat terjadi dalam seketika, melainkan terjadi perlahan-lahan melalui pencobaaan-pencobaan. Dalam kenyataan orang dewasa belajar bukan dengan cara digurui atau diajar. 

Orang dewasa lebih tepat dikatakan “dibimbing” untuk belajar. Sikap seseorang sebagai pembimbing belajar bagi orang dewasa mempunyai arti dan pengaruh yang besar. Sebab orang dewasa lebih kritis dari pada anak-anak. Banyak metode yang diterapkan orang dalam program pendidikan orang dewasa. Metoda apa pun yang dipilih, hendaknya dipertimbangkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan akhir yakni agar peserta memperoleh suatu pengalaman belajar yang paling bermanfaat. Pemelihan metode hendaknya ditentukan oleh tujuan pendidikan, yang pada garis besarnya dapt dibagi dalam dua jenis yaitu: pertama, proses belajar yang dirancang untuk membantu orang menata pengalaman masa lampau yang dimilkinya dengan cara baru, misalnya melalui konsultasi, latihan kepekaan, dan beberapa jenis latihan manajemen, yang membantu individu untuk dapat lebih memanfaatkan apa yang sudah diketahuinya, tetapi kurang disadarinya. Kedua, proses belajar yang dirancang untuk memberikan pengetahuan baru, ketrampilan baru, yakni mendorong individu meraih lebih jauh dari pada apa yang diketahuinya, apa yang menjadi anggapannya, ketrampilannya hingga kini, misalnya belajar mengunakan komputer. Disekolah-sekolah formal evaluasi be;lajar diadakan melalui ulangan-ulangan, ujian-ujian. Guru memberi angka pada hasil ulangan dan ujian murid, dan guru dapat merasa ia sudah menjalankan tugasnya. Pada pendidikan orang dewasa cara evaluasi demikian tidak dapat dijalankan. Sebab dalam pendidikan orang dewasa dengan pendidikan konvesional adalah bahwa dalm pendidikan orang dewasa belajar ats kehendaknya sendiri yang bebas. 

Orang dewasa dapat dipaksa untuk masuk ruangan belajar, tetapi tidak bisa dipaksakan untuk belajar. Pembimbing dalam pendidikan orang dewasa itu, dan mampu membangkitkan perhatian secukupnya untuk dapat membangkitkan keinginan belajar orang dewasa. Jadi tidaklah cukup untuk menilai belajarnya orang dewasa dengan cara ulangan untuk ujian sebagai ukuran berhasil atau gagalnya program pendidikan itu. Dalam pendidikan orang dewasa metode evaluasinya harus mencerminkan kehendak bebas yang sama seperti proses belajarnya itu sendiri. Dengan kata lain, metode evaluasinya harus datang dari orang yang belajar, bukan dipaksakan dari luar. Secara singkatnya, orang dewasa harus pula belajar menilai sendiri sukses dan kegagalanya. Apa yang harus diketahui orang dewasa adalah apakah proses belajarnya menghasilakan perubahan dalam dirinya. Ia pula yang menilai apakah proses belajar yang dialaminya, karena metode yang dipakai, karena pembimbing yang membantu. Admint: Renal

Sabtu, 24 Maret 2012

Kitab ESTER PASAL 3


SETIA KEPADA TUHAN DAN RESIKONYA
ESTER PASAL 3
PENDAHULUAN

Setia, adalah suatu kata yang agung dalam kamus ensiklopedi orang percaya. Namun juga mengandung kontroversi dan resiko. Bila kita setia Tuhan akan menghormati kita, tetapi manusia belum tentu mengapresiasinya. Bersetia juga beresiko. Tatkala kita taat, ancaman bahaya bisa datang menyerbu. Sekalipun setia mengandung kontroversi dan resiko, seorang percaya harus tetap setia kepada Tuhan. Setia adalah bertahan sampai kesudahan (akhir).
Pada pasal tiga Ester diangkat menjadi ratu sejagat Babel dan dibebaskanlah rakyat dari pajak. Namun kontras di pasal tiga ketika Haman diangkat menjadi kepala atas seluruh kepala daerah, ia menjerat kepala orang  Yahudi. Dua tokoh yang kontras.
 STRUKTUR KIASMUS
 A.Kota Susan Gempar paska audisi kecantikan (1a)
B.Raja menaikkan pangkat Haman (1b)
                                C.Surat perintah untuk  sujud kepada haman (2)
                                                D.Membuang undi satu tahun (Nissan-Adar) (7)
                                                                E.Provokasi: Yahudi seteru Raja (8)
                                                                                F.Titah dan meterai cincin untuk membunuh bangsa  Yahudi (9-10a)
                                                                E’.Yahudi Seteru Agag (10b)
                                                D’.Satu hari pembunuhan (13)
                                C’.Surat perintah kepada semua kepala daerah (12b-15c)
B’.Raja duduk dan minum dengan Haman (15)c
A’.Kota Susan Gempar paska SK pembunuhan (15d)

SUB-UNIT STRUKTUR

  1. Kemashyuran Haman     1-6
    1. Naik pangkat (1d)
    2. Staff sujud kepadanya (2a)
    3. Mordekai tidak bersujud (2c)
    4. Reaksi staff terhadap Mordekai (3)
    5. Hasutan kepada Mordekai (4)
    6. Haman panas hati dan marah (5)
    7. Rencana membinasakan bangsa Yahudi (6)
    8. Bulan Nissan – Adar (satu tahun) Membuang undi (7)
    9. Laporan Haman kepada Raja  (8-11)
      1. Yahudi bangsa yang unik tidak melakukan perintah raja (8)
      2. Provokasi Haman kepada Raja agar mereka dibinasakan (9a)
      3. Nyawa Yahudi dihargai sepuluh ribu talenta perak (9b)
      4. Rencana dimeterai dengan cincin Raja (10a)
      5. Bangsa Agag seteru Yahudi (10b)
      6. Bulan pertama pada hari ketiga belas (12a)
      7. Rencana dan strategi pembunuhan  (12b-15a)
        1. Surat keputusan  kepada seluruh penguasa daerah (12b)
        2. Surat dikirim dengan pesuruh cepat (13a)
        3. Sk pembunuhan massal muda-tua, perempuan, (13b)
        4. Pembunuhan  hanya satu hari saja (13c)
        5. Pada tanggal 13 bulan Adar (13d)
        6. Merampas harta milik Yahudi (13e)
        7. Surat diundangkan, diumumkan  ke daerah, dan kepada bangsa (14)
        8. Pelaksanaan yang tergesa-gesa, pesuruh cepat (15a)
        9. Raja dan Haman duduk minum (ay 15b)
        10. Kota Susan gempar (15c)


Komentar:
  • Pilihan Sujud kepada Tuhan atau manusia.  Tunduk hanya kepada Tuhan adalah tuntutan tegas hukum Taurat. Namun di tanah pembuangan ada resiko yang ditanggung. Wajar kerajaan Babel memaksa semua warganya untuk menyembah  Raja. Tetapi  Mordekhai tak akan mengingkari perjanjian  kepada Tuhan. Dia tahu bahwa Tuhan tetap disembah sekalipun nyawa taruhannya. Demikianlah ia selalu memelihara pengakuan iman: “tidak sujud illah palsu yang menyerupai apa pun” termasuk raja ahasyweros. Demikianlah Mordekai menjaga komitmennya berdasarkan dasa titah 1-3 yang diturunkan oleh nenek moyangnya. Bergemalah sekali lagi credo Israel di tanah pembuangan melalui hidup Mordekhai: “No others God before Me”.
  • Di dada Mordhekai bergemuruh suara firman Tuhan itu. sekalipun demikian Umat Tuhan terancam nyawa. Lebih baik mati dari pada menghianati Tuhan. Mordekhai belajar, bahwa dulu mereka dibuang ke Babel karena tidak setia kepada Tuhan ketika mereka masih di tanah kelahirannya. Kali ini ia belajar apa artinya taat. Dibawah ancaman kru Haman, ia tetap berlutut kepada Tuhan seperti yang dilakukan oleh Daniel dan teman-temannya yang lain.
  • Rencana  pembunuhan di picu dari rasa benci masa lalu bangsa Agag. Relasi antar  kedua bangsa ini sejak dahulu kala tampaknya tidak mulus. Haman tak melepas pengampunan. Haman masih mengenang perseteruan nenek moyangnya. Kisah perseteruan itu sejak Musa akan menyeberang ke Kanaan, tetapi bangsa Amalek tidak memberi ijin lewat perbatasan mereka. Maka Musa menumpas bangsa Amalek. Kemudian pada masa Saul menjadi raja, diperintahkan oleh Tuhan untuk memunahkan bangsa Amalek. Tetapi Saul tidak melakukannya. Maka Samuel  menghabisi Raja Amalek dan Agag dihadapan Tuhan. Mengapa Agag ditumpas karena Raja Amalek itu pernah membelah perut ibu-ibu Israel dengan pedang. Samuel melakukannya atas dasar perintah Tuhan. Memang kebiadaban harus ditumpas dari muka bumi ini.
  • Selama bulan Nissan sampai Adar (dua belas bulan) direncanakan untuk membasmi ras Yahudi dan mengambil alih seluruh harta mereka. Haman pun memprovokasi dan menyaklurkan rasa bencinya kepada Ahasyweros dengan taktik politik yang handal. Raja digoda bahwa seolah-olah ia tak punya kuasa untuk memerintah warga Yahudi. Alhasil raja juga menyetujui usulan gegabah Haman. Dan dengan cermat surat keputusan dicetak, dimeterai cincin, diundangkan, disebarkan keseluruh daerah jajahan Babel dengan cara terburu-buru. Ini semua terjadi karena kharisma raja yang sangat lemah. Sejak di pasal satu sudah ditunjukkan kekurangang raja yang mengadakan pesta pora selama enam bulan. Wasti yang menolaknya dan di pasal tiga ini, Haman mempermainkannya dengan nasehat busuknya. Bila ia teliti dan menelusuri perkara ini seperti pada pasal dua pasti tak akan terjadi keputusan ini. Raja dengan mudahnya disiasati oleh penasehat-penasehatnya. Namun semua ini menjadi persiapan untuk menyatakan iman Mordkhai kepada Tuhan di seluruh daerah jajahan Babel yang nantinya akan memproklamasikan NAMA TUHAN akan ditinggikan walaupun tak satu frasa terang-terangan untuk menyebut namaNYa Yang Kudus itu.
  • Amarah kebencian sudah sampai diubun-ubun raja, sehingga diperintah untuk membunuh seluruh umat Tuhan dalam satu hari. Bisa dibayangkan tanah Babel (kalau itu terjadi) akan menjadi lautan darah, air mata, keringat. Merencanakan pembunuhan satu tahun dan melaksanakannya dalam satu hari, ini adalah suatu kebiadaban dalam perdaban manusia. Benarlah apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus: “Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala”.  Perlu bagi setiap orang untuk mengendalikan emosi.

  • Apakah rencana ini akan terjadi? Bagaimanakah kelanjutan cerita ini, tunggu ulasan di pasal 4.

Apa makna rohaninya untuk anda
  • Hati-hati kolegamu yang rakus akan kuasa yg cenderung menjadi “tuhan” . dan hati-hati kepada siapa engkau tunduk. Janganlah kita gila hormat, gila kuasa, gila raja, gila tuan. Emang benar ya, setelah dosa merusak manusia, sifat kepemimpinannya sangat merusak.
  • Menghadapi situasi bahaya: tenang (iman)  atau kacau (gempar). Marilah kita seperti Mordekhai yang tenang menghadapi situasi ancaman nyawa karena iman kokoh. Masih teringat dibenak saya sekitar tahun 1998-an ada ancaman untuk menghanguskan ke-Kristenan di Indonesia. Dan peristiwa Situbondo mejadi sejarah pembantaian gereja dan umat percaya pada waktu itu. Rasanya mencekam sekali. Di internet terbaca, dan banyak selebaran bahwa kepala hamba Tuhan dihargai 40 juta rupiah. Di saat itu, saya banyak melihat dan mendengar orang-orang Kristen berdoa dan berharap akan pemeliharaan Tuhan. Dan sampai sekarang orang Kristen Indonesia terus bertambah-tambah.  Jauh sebelum peristiwa ini, kaum Yahudi pernah dibantai sekitar 6 juta orang di German yang diprakarsai oleh Hitler. Dalam satu bacaan (lupa), Hitler diakhir hidupnya menjadi gila (tak waras) sebelum mati.
  • Menghadapi penguasa: berani atau pengecut. Penulis kitab Ibrani telah melukiskan keberanian orang-orang percaya pada masa gereja mula-mula. Mereka berani menghadapi aniaya, digergaji, disiram dengan aspal panas, tusukan pedang dll. Dengan iman yang kokoh mereka mau kehilangan nyawa tetapi tidak mau melepaskan kepercayaan kepada Yesus. Mereka tahu sekaliun mati diujung pedang mereka telah dijamin kehidupan kekal. Iman yang sejati menghasilkan keberanian menghadapi dan menerima bahaya, derita, siksaan.
  • Dikendalikan amarah. Haman dan Ahasyweros menjadi gambaran manusia yang tak dapat mengonrol emosinya. Dan hal ini akan menghasilkan dan mengambil keputusan tergesa-gesa yang tidak manusiawi dan melanggar kebenaran Tuhan. Amarah membutakan pikiran. Kedongkolan menjadikan manusia dungu dan sudah dekat dengan hewan/binatang. Hati-hati kuasa jabatan/penguasa bila tak bijak akan menjadikan kita seperti boneka ditangan orang lain.
  • Roh pembunuh (siapa dibalik ini ...).  Iblis selalu melancarkan isu pembunuh rohani dan jasmani secara massal. Yang akan menimbulkan ketakutan. Teror itu akan membuat orang hilang harapan, putus asa, meragukan iman dst. Musuh dan seteru sejati dari umat Tuhan adalah si Iblis. 
  • Tuhan tetap setia di saat bahaya datang (atau bertanya: Dimana Tuhan saat badai ini datang. Mordekai tetap hanya menyembah Tuhan karena Ia ada di sini, bukan menyembah Haman). Tatkala kita memegang teguh iman, kepercayaaan kita, Tuhan akan menolong, membantu sehingga di saat badai datang kita tetap rasa aman (bukan rasa aman palsu). Why? Karena Tuhan itu immanuel. Ia menyertai kita disaat bahaya itu. Tuhan itu tetap ada disamping kita disaat musuh datang menyerang. Pemazmur berkata: “Tuhan adalah kota bentengku, akuakan merasa aman”.
  • Musuhmu menyaksikan kebaikan rohanimu. Ironi dari cerita ini adalah Haman (ayat 8) menyaksikan kepada raja Ahasyweros tentang reputasi bangsa Yahudi yang unik dalam hukumnya dan yang selalu sujud hanya kepada TUHAN mereka.  Inilah nilai kesejatian Israel dimata musuh-musuhnya. Mereka (musuh) memberikan salut hormat atas kualitas karakter iman, moral, kerohanian anak-anak Tuhan. Israel demikian mantapo dalam kerohanian karena Tuhan yang memelihara mereka.
 PENUTUP
Tuhan telah menyatakan pemeliharaanNya yang setia kepada umatNya. Ia setia memelihara Musa dan bangsa Israel di Mesir dan padang gurun bahaya. Ia setia memelihara Israel di Kanaan pada masa penaklukan Yosua. Tuhan juga tetap setia kepada umatNya tatkala umatnya juag memberontak kepadaNya di masa keemasan raja-raja Israel. Tatkala mereka dipembuangan pun Tuhan sangat setia memelihara mereka. Contoh, Daniel cs dijaga dari binatang buas, dari nyala api. gerejaNya juag dipelihara dari kebiadaban tentara Romawi, yang pada akhirnya Romawi malah memproklamasikan Kristen sebagi agama resmi secara nasional. Hitler berusaha memunahkan ras Yahudi, tetapi diseluruh dunia ras ini yang menguasai segala bidang politik, ekonomi, iptek dll. Memang menjelang kedatangan Kristus kedua kali akan banyak ancaman kepada orang percaya. Tuhan tetap setia memelihara anak-anakNya sehingga mereka dengan rela bersetia kepada Tuhan Yesus.
Esther 3:1 - 4:1  ITB Esther 3:1 ¶ Sesudah peristiwa-peristiwa ini maka Haman bin Hamedata, orang Agag, dikaruniailah kebesaran oleh raja Ahasyweros, dan pangkatnya dinaikkan serta kedudukannya ditetapkan di atas semua pembesar yang ada di hadapan baginda.  2 Dan semua pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berlutut dan sujud kepada Haman, sebab demikianlah diperintahkan raja tentang dia, tetapi Mordekhai tidak berlutut dan tidak sujud.  3 Maka para pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berkata kepada Mordekhai: "Mengapa engkau melanggar perintah raja?"  4 Setelah mereka menegor dia berhari-hari dengan tidak didengarkannya juga, maka hal itu diberitahukan merekalah kepada Haman untuk melihat, apakah sikap Mordekhai itu dapat tetap, sebab ia telah menceritakan kepada mereka, bahwa ia orang Yahudi.  5 Ketika Haman melihat, bahwa Mordekhai tidak berlutut dan sujud kepadanya, maka sangat panaslah hati Haman,  6 tetapi ia menganggap dirinya terlalu hina untuk membunuh hanya Mordekhai saja, karena orang telah memberitahukan kepadanya kebangsaan Mordekhai itu. Jadi Haman mencari ikhtiar memunahkan semua orang Yahudi, yakni bangsa Mordekhai itu, di seluruh kerajaan Ahasyweros.  7 ¶ Dalam bulan pertama, yakni bulan Nisan, dalam tahun yang kedua belas zaman raja Ahasyweros, orang membuang pur yakni undi di depan Haman, hari demi hari dan bulan demi bulan sampai jatuh pada bulan yang kedua belas, yakni bulan Adar.  8 Maka sembah Haman kepada raja Ahasyweros: "Ada suatu bangsa yang hidup tercerai-berai dan terasing di antara bangsa-bangsa di dalam seluruh daerah kerajaan tuanku, dan hukum mereka berlainan dengan hukum segala bangsa, dan hukum raja tidak dilakukan mereka, sehingga tidak patut bagi raja membiarkan mereka leluasa.  9 Jikalau baik pada pemandangan raja, hendaklah dikeluarkan surat titah untuk membinasakan mereka; maka hamba akan menimbang perak sepuluh ribu talenta dan menyerahkannya kepada tangan para pejabat yang bersangkutan, supaya mereka memasukkannya ke dalam perbendaharaan raja."  10 Maka raja mencabut cincin meterainya dari jarinya, lalu diserahkannya kepada Haman bin Hamedata, orang Agag, seteru orang Yahudi itu,  11 kemudian titah raja kepada Haman: "Perak itu terserah kepadamu, juga bangsa itu untuk kauperlakukan seperti yang kaupandang baik."  12 ¶ Maka dalam bulan yang pertama pada hari yang ketiga belas dipanggillah para panitera raja, lalu, sesuai dengan segala yang diperintahkan Haman, ditulislah surat kepada wakil-wakil raja, kepada setiap bupati yang menguasai daerah dan kepada setiap pembesar bangsa, yakni kepada tiap-tiap daerah menurut tulisannya dan kepada tiap-tiap bangsa menurut bahasanya; surat itu ditulis atas nama raja Ahasyweros dan dimeterai dengan cincin meterai raja.  13 Surat-surat itu dikirimkan dengan perantaraan pesuruh-pesuruh cepat ke segala daerah kerajaan, supaya dipunahkan, dibunuh dan dibinasakan semua orang Yahudi dari pada yang muda sampai kepada yang tua, bahkan anak-anak dan perempuan-perempuan, pada satu hari juga, pada tanggal tiga belas bulan yang kedua belas yakni bulan Adar ,dan supaya dirampas harta milik mereka.  14 Salinan surat itu harus diundangkan di dalam tiap-tiap daerah, lalu diumumkan kepada segala bangsa, supaya mereka bersiap-siap untuk hari itu.  15 Maka dengan tergesa-gesa berangkatlah pesuruh-pesuruh cepat itu, atas titah raja, dan undang-undang itu dikeluarkan di dalam benteng Susan. Sementara itu raja serta Haman duduk minum-minum, tetapi kota Susan menjadi gempar. 

Ringkasan dari: Pdt. Tony M. Hutabarat

Riset Pengginjilan Suku Boti Timor Nusa Tenggara Timur


BAB I
PENDAHULUAN

Kabupaten Timor Tengah Selatan yang terletak di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur banyak menyimpan ragam suku budaya. Di kabupaten yang berpenduduk sekitar 400 ribu jiwa ini dahulu terdapat beberapa kerajaan-kerajaan kecil seperti. Salah satu yang masih tersisa hingga kini adalah Kerajaan Boti yang mendiami kawasan pegunungan di kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan.[1]
Suku Boti merupakan keturunan dari suku asli pulau Timor, Atoni Metu. Wilayah kerajaan Boti terletak sekitar 40 km dari kota kabupaten Timor Tengah Selatan, So’e, secara administratif kini menjadi desa Boti kecamatan Kie. Karena letaknya yang sulit dicapai di tengah pegunungan, desa Boti seakan tertutup dari peradaban modern dan perkembangan zaman.[2] Berjalannya perputaran roda waktu seakan tidak menyentuh kerajaan Boti. Warga Boti hingga kini masih hidup dalam kesahajaan mereka dan tetap memegang teguh pada tradisi leluhur mereka. Kehidupan warga Boti hingga kini masih bergantung pada kerasnya alam daratan Pulau Timor. [3]
Raja Boti, Usif Nama Benu, baru saja menggantikan ayahnya, Usif Nune Benu yang wafat pada bulan Maret 2005. Usif adalah sebutan atau gelar yang diberikan Suku Boti terhadap raja mereka yang juga merupakan pemimpin adat dan spiritual warga Boti. Sejak meninggalnya Usif Nune Benu, orang Boti menjalani masa berkabung, karena itu selama tiga tahun lamanya orang Boti tidak mengadakan pesta-pesta adat. Menurut sang Raja baru, Usif Nama Benu,[4] biasanya mereka mengadakan kegiatan pesta adat seusai panen namun selama masa berkabung ini ditiadakan untuk menghormati sang ayah Usif Nune Benu. Masyarakat Suku Boti berkabung selama 3 tahun setelah wafatnya Raja Boti Usif Nune Benu pada bulan Maret 2005.
























Bab II
Kebudayaan dan upacara adat Suku Boti Timor Tengah Selatan NTT  

            Dari hasil wawancara dan sumber-sumber yang dikumpulkan oleh penulis dan hasil yang diperoleh adalah jumlah suku Boti semakin berkurang tetapi meski jumlah penduduk Boti Dalam makin berkurang, namun mereka masih survive tetap melaksanakan upacara-upacara peninggalan nenek moyang mereka.[5] Setelah beberapa tahap yakni upacara kelahiran atau lais mahont, masa persalinan (mahonit), upacara pengenalan anak dengan dunia luar (Napoitan Liana). Selanjutnya, masyarakat Boti juga masih menggelar upacara-upacara yang merupakan kelanjutan dari upacara-upacara tersebut. Upacara yang dilakukan lebih lanjut pada sang anak adalah:
Upacara pemberian nama (nakanab) Masyarakat Boti biasanya memberi nama anak mereka saat bayi usia empat bulan. Upacara pemberian nama ini disebut Na kanab li ana dilakukan oleh tua adat. Di rumah orang tua bayi dibentangkan selembar tikar yang di atasnya tersedia dua tempurung yang telah diisi air yang sudah diolah dengan ramuan tradisional dan telah didoakan secara adat. Di hadapan undangan air ramuan dipercikan kepada bayi oleh tua adat yang diikuti dengan pemberian nama kepada bayi. [6]
Proses ini dilakukan hingga bayi tersebut menangis. Saat bayi menangis, para undangan secara bergiliran mengucapkan nama-nama yang ada hubungannya dengan silsilah keturunan warga Boti Dalam. Nama-nama yang disebutkan antara lain Mollo, Nune, Bota, Tosi, Heke, Boi Sau, Muke dan lain-lain. Bila bayi berhenti menangis saat sebuah nama disebutkan, maka nama itulah yang akan diberikan kepada sang bayi. Bagi masyarakat Boti, sang bayi menangis berarti meminta nama dan berhenti menangis berarti menyetujui nama tersebut.[7]
Upacara mencukur rambut (Eu Nakfunu) Mencukur rambut pada anak-anak suku Boti dilakukan sekali dalam seumur hidup. Bila telah melakukan upacara cukur, selanjutnya rambut dibiarkan panjang d an dibiarkan untuk dikonde seperti halnya perempuan. Upacara mencukur rambut dimaksudkan untuk memberikan jalan untuk kehidupan selanjutnya. Ini diketahui pada kebiasaan yang ada, di mana setiap anak yang dicukur rambutnya bertanda bahwa sang ibu dari anak tersebut sudah mengandung lagi.
Upacara ini dilakukan oleh Atoin Amaf (saudara laki-laki dari ibu) yang didahului dengan doa-doa adat oleh salah seorang dukun atau tua adat. Ada pengecualian dalam upacara ini, yakni jika seorang ibu yang sudah dekat saatnya untuk melahirkan maka tidak diperkenankan melaksanakan upacara ini. Kepercayaan ini dipegang tegu dan apabila dilanggar maka akan menghadirkan celaka, misalnya kematian terhadap ibu atau bayi yang akan dilahirkan. Sebaiknya upacara mencukur rambut dilakukan sebelum ibu mengandung anak berikutnya.
Upacara mencukur rambut bermaksud membantu pertumbuhan dan kesuburan badan anak tersebut, karena diyakini rambut yang dibawa  dari kandungan ibu mengandung unsur panas. Bila tidak dicukur, anak akan sakit-sakitan. Perkawinan (Mafet Mamamonet). Dalam masyarakat Boti bila ada pria dari Boti Luar (masyarakat Boti yang sudah menganut agama Kristen) yang jatuh cinta pada gadis Boti Dalam dan kemudian berencana mengambilnya menjadi istri, maka sang pria harus membuat pernyataan secara adat untuk mengikuti tata cara adat Boti Dalam. Demikian pula sebaliknya, jika ada gadis Boti Dalam yang menjalin asmara dengan pria Boti Luar, maka ia hanya diperkenankan menetap di Kampung Boti
Dalam, bila laki-lakinya ikhlas mengikuti adat istiadat yang berlaku di Boti Dalam dan tinggal di lingkungan mereka. Syarat pengecualian ini diberlakukan semata-mata untuk tetap mempertahankan kemurnian dan keberlanjutan adat kebiasaan yang semakin terkikis oleh pengaruh budaya luar yang semakin menggeser kebudayaan yang diwariskan oleh para leluhur suku Boti. Tata cara perkawinan dalam adat istiadat suku Boti terdiri dari beberapa tahap yang membutuhkan waktu hingga tahunan lamanya. Mulai dari proses perminangan, hidup berkeluarga (rumah tangga) sampai dengan peresmian secara adat.[8]
Peminangan (Toif Bife). Awal dari sebuah proses perkawinan pada masyarakat Dawan, yakni Toit Bi Fe (meminang  gadis) dan memberikan tanda ikatan. Bagi masyarakat Boti, peminangan dilakukan oleh perantara yang merupakan utusan pihak laki-laki. Perantara ini disebut Nete Lanam, yakni seorang tetua adat mendatangi orangtua gadis. Saat bertemu akan terjadi tegur sapa, dan perantara ini membuka isi hati menurut tutur adat dengan maksud untuk mencari tahu apakah anak gadis yang dimaksud sudah mempunyai calon suami atau belum. Jika jawaban yang diberikan orangtua sang gadis adalah si gadis sudah dilamar pria lain, maka pembicaraan akan dihentikan. Tapi, bila jawaban belum ada pria lain yang melamar, maka perantara atau Nete Lanan dari keluarga laki-laki akan menyampaikan maksud kedatangannya yakni untuk melamar anak gadis. Seterusnya pendekatan yang dilakukan oleh perantara Nete Lanan akan mendapat jawaban setuju atau menerima lamaran dari keluarga laki-laki. Dari jawaban tersebut, juga akan terjadi kesempatan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dengan menetapkan waktu pelaksanaannya.[9]
Ikatan Perkawinan (Maftus Neo Mafet Mamonet) Tahapan ikatan perkawinan merupakan kelanjutan dari kesepakatan yang sudah ditentukan pada tahap peminangan. Ikatan adat ini disebut Ma Fut Nekaf yang merupakan tahap penyerahan syarat dalam ikatan adat berupa sopi (minuman tradisional beralkohol) satu botol (waktu lalu), kini telah diganti dengan gula air satu botol dan satu kepingan uang logam (golden Belanda) bernilai 25 sen atau 50 sen. Dalam masyarakat Dawan, hal ini disebut dengan istilah Tua Boit Mese, Noin Sol Mese. Arti harafiahnya adalah penyerahan sebotol sopi dan sesen uang, sebagai ikatan awal dari sebuah proses perkawinan Suku Bangsa Dawan.[10]
Pada Masyarakat Boti Dalam setelah penyerahan syarat ikatan adat berupa Tua Boit Mese, Noin Sol Mese, maka orangtua gadis dengan rela hati menyerahkan anak gadis kepada keluarga laki-laki dan tinggal serumah dengan laki-laki yang melamarnya sebagai suami istri.Namun sebelum keluarga laki-laki membawa gadis tersebut untuk menjalani kehidupan sebagai suami-istri, pasangan ini akan diberi petuah dan nasihat oleh orangtua dari kedua pihak. Nasihat biasanya berisikan agar kedua orang itu bekerja sama untuk menjalani kehidupan, saling setia dan tetap patuh dan hormat pada nilai-nilai dan norma-norma yang diwariskan oleh leluhur mereka, selalu berbuat baik pada sesama, tidak merusak hutan dan mejaga lingkungan alam sekitar serta tidak membunuh segala jenis hewan yang ada di hutan, hemat dalam hidup dan menabung untuk menghadapi kesulitan dalam hidup.
Hidup Berumah Tangga (Monit Mafet Ma Monet) Menurut masyarakat Boti, bila tahap ini belum dilaksanakan, maka belum sah secara penuh dalam satu proses perkawinan. Tahap ini merupakan awal untuk menjalankan suatu tanggung jawab secara mandiri dalam rangka mempersiapkan segala kebutuhan untuk pemenuhan kebutuhan dalam rumah tangga sebagai suami dan istri. Pada tahap ini, seorang laki-laki akan menunjukkan karyanya kepada istri dan orangtuanya sebagai jawaban atas amanat yang ia terima pada saat pembicaraan dalam upacara Napoitana Li Ana, yakni kami datang membawa auni ma suni (pedang dan tombak). Kedua jenis perangkat ini adalah peralatan hidup bagi seorang laki-laki Suku Dawan untuk mengelola alam yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup beserta keluarga. Sementara sang istri akan menunjukkan kepiawaian sebagai penyulam dan penenun yang mahir. Dari dua perangkat alat kerja yakni Ike Ma Suti yaitu alat pemintal benang bagi perempuan Dawan untuk memperindah tubuhnya dan suami serta anak-anak.
Bakti Kepada Orangtua (Maka Upa Ncu Mnasi) Pada masyarakat Dawan umumnya, tahap ini lebih populer dengan nama "pembayaran belis" (mas kawin) atau istilah adatnya disebut pua mnasi-manumnasi atau oemaputu Ai Malala. Bagi masyarakat Boti, tahap ini merupakan tanggung jawab yang semata-mata dibebankan kepada pasangan suami istri yang tidak menjadi beban dari orangtua pihak laki-laki maupun kerabat yang pada akhirnya akan menjadi beban moril (hutang) bagi laki-laki yang akan kawin bahkan juga melibatkan istrinya di kemudian hari.
Pada tahap ini keluarga meminta pasangan suami istri dapat menunjukkan sikap berbakti yang telah diberikan selama tiga tahun berumah tangga. Bakti kepada orangtua adalah hasil yang telah diperoleh selama tiga tahun antara lain hasil dari kebun berupa padi dan jagung, hasil dari menyulam dan menenun berupa sarung dan dan selimut, hewan peliharaan berupa ayam, babi, kambing, sapi dan kerbau serta hasil lainnya. Bahan-bahan tersebut dikumpulkan oleh pasangan suami istri. Keduanya kemudian mengumpulkan semua sanak keluarga dari pihak suami dan istri untuk mengadakan pesta syukuran adat sebagai tahap akhir dari suatu proses perkawinan di kampung adat Boti. Berakhirnya pesta bakti ini maka resmi sudah suatu perkawinan di kalangan masyarakat Boti yang membutuhkan waktu tiga tahun.[11]
                                                                          

                                                                     Bab III
Kepercayaan (Agama) Suku Boti Timor Tengah Selatan NTT

Suku Boti dikenal sangat memegang teguh keyakinan dan kepercayaan mereka yang disebut Halaika. Mereka percaya pada dua penguasa alam yaitu Uis Pah dan Uis Neno. Uis Pah sebagai mama atau ibu yang mengatur, mengawasi, dan menjaga kehidupan alam semesta beserta isinya termasuk manusia. Sedangkan Uis Neno sebagai papa atau bapak yang merupakan penguasa alam baka yang akan menentukan seseorang bisa masuk surga atau neraka berdasarkan perbuatannya di dunia. [12]  
Menurut falsafah hidup orang Boti manusia akan selamat dan sejahtera bila merawat dan melestarikan lingkungan hidup. Dalam kehidupan keseharian mereka segala sesuatu mereka dapatkan dari alam seperti halnya keperluan sandang yang dibuat dari benang kapas dan pewarna yang mereka dapatkan dari tumbuhan di lingkungan sekitar mereka. Dalam kehidupan sehari-hari ada pembagian tugas yang jelas antara kaum lelaki dan perempuan. Para lelaki bertugas mengurusi permasalahan di luar rumah, seperti berkebun, dan berburu. Sementara urusan rumah tangga, diserahkan kepada kaum perempuan. Meskipun pembagian peran ini biasa dijumpai dalam sistem kekerabatan, ada satu hal yang membuat warga Boti agak berbeda, mereka menganut monogami atau hanya beristri satu. Seorang lelaki Boti yang sudah menikah, dilarang memotong rambutnya. Sehingga bila rambut mereka semakin panjang, mereka akan menggelungnya seperti konde.
Bila kepercayaan dan aturan adat Boti dilanggar, maka akan dikenakan sanksi, tidak akan diakui sebagai penganut kepercayaan Halaika, berarti harus keluar dari komunitas suku Boti, sebagaimana yang terjadi pada putra sulung Laka Benu, kakak dari Raja Usif Nama Benu. Laka Benu yang seharusnya menjadi putra mahkota, memeluk agama Kristen sehingga ia harus meninggalkan komunitas Boti. [13]
Menurut Molo Benu, yang juga merupakan adik dari Usif Nama Benu,[14] untuk dapat terus menjaga dan menjalankan adat dan kepercayaan mereka, anak-anak dalam satu keluarga dibagi dua, separuh dari anak-anak mereka diperbolehkan bersekolah sementara yang lainnya tidak diperkenankan bersekolah dengan tujuan agar dapat teguh memegang adat tradisi mereka. Aturan pendidikan bagi anak-anak Boti bertujuan agar tercipta keseimbangan antara kehidupan masa sekarang dengan kehidupan berdasarkan adat dan tradisi yang sudah diwariskan oleh leluhur mereka.[15]
Kepercayaan Uis Pah dan Uis Neno merupakan kepercayaan atau agama asli suku Timor yang terungkap dalam tradisi tutur kata atau secara lisan dan bukan tulisan yang terungkap dalam berbagai ritual. Dalam tradisi agama suku banyak terungkap nilai-nilai tradisi budaya lokal yang sangat mempertahankan kelestarian alam dan moral baik manusia. Manusia sendiri diharapkan berhati baik karena akan dengan sendirinya bermoral baik secara alamiah. Seperti pengharapan masyarakat Boti yang terdapat di kabupaten Timor Tengah Selatan. Manusia bermoral baik akan memperlihatkan moral baiknya dalam pergaulan dengan sesama manusia dan alam sekitar.
Agama suku merupakan sebutan untuk kepercayaan lokal suatu suku yang sudah ada sebelum agama-agama resmis yang diakui negara namun berasal dari luar Indonesia ada di negara ini. Kepercayaan Uis Pah dan Uis Neno merupakan kepercayaan nenek moyang suku Timor yang yang terungkap dalam berbagai ritual yang masih dilakukan pelakunya sampai kini. Dalam agama suku biasanya terdapat ciri-ciri khusus sebagai berikut.[16] Agama suku erat kaitannya dengan penyembahan terhadap dunia roh yang dianggap mendiami dan menguasai alam, biasanya memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewi yang memiliki nama. Dengan demikian kondisi kepercayaan terhadap kuasa supernatural sangat terasa. Tak heran kalau pada agama suku sering ditemukan benda benda berbentuk jimat yang dianggap memiliki kekuatan magis. Sebagai agama yang sarat dengan tutur kata, agama suku dilengkapi dengan mantera-mantera.
Pemimpin agama suku yang kharismatik harus menguasai berbagai mantera karena dialah yang dianggap dapat berhubungan secara langsung dengan roh-roh yang disembah oleh masyarakat penganut kepercayaan atau agama suku tertentu. Kaitan antara agama suku danadat istiadat masyarakatnya sangat erat. Penganutnya terikat pada nonna adat atau hukum yang ada dalam suku. Agama suku memiliki berbagai upacara ritual dalam berbagai siklus kehidupan seperti kelahiran, perkawinan, kematian, menanam dan memanen tanaman, dan sebagainya. Cerita cerita mitos sangat erat pada kehidupan masyarakat penganut agama suku tersebut. Sebagai kepercayaan yang bersifat turun temurun agama suku tidak memiliki ajaran yang sistimatis. Kepercayaan ini lebih banyak berisi cerita cerita mitos yang berupa petuah atau larangan yang biasanya dianut oleh penganutnya.
Kepercayaan Uis Pah dan Uis Neno diaktualisasikan menurut bahasa masing-masing sub suku yang ada di pulau Timor. Ungkapan-ungkapan ritual dalam bahasa Dawan di desa Amarasi Barat yang terletak di kabupaten Kupang misalnya berbeda dengan ungkapan-ungkapan ritual yang terdapat pada bahasa suku Boti. Mereka memang sama-sama suku Atoni namun bahasanya masih banyak memiliki perbedaan. Namun sebagai sesama suku yang mempercayai Uis Neno dan Uis Pah nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi lokal mereka tidak banyak berbeda. Mereka sangat memberikan penghargaan terhadap alam yang perlu dilestarikan karena menurut mereka alam merupakan sarana untuk berhubungan dengan kekuatan-kekuatan yang terdapat pada Uis Pah dan Uis Neno.
Unsur-unsur alam yang harus dipelihara seperti air kayu dan batu dianggap dapat menjadi tempat untuk melakukan pemujaan terhadap Uis Neno dan Uis Pah. Biasanya sebuah keluarga memiliki tempat-tempat pemujaan di dalam hutan yang merupakan warisan dari keluarga mereka. Tempat tempat ini disebut sebagai uis fatu (pemujaan dengan memakai batu besar), uis kau ( pemujaan denganmemakai kayu) dan uts oe (pemujaan dengan memakai air). Selain pada tempat berbatu-batu pemujaan terhadap roh roh juga dilakukan di rumah yang disebut sebagai Ume Leu yang bermakna rumah pemaii. Rumah ini dianggap sebagai pemujaan terhadap roh leluhur yang sudah mati tapi dianggap masih menjiwai keluarga mereka yang hidup. Persembahan yang diberikan kepada kekuatan-kekuatan gaib tersebut adalah benda bernyawa seperti binatang.









Bab IV
Strategi Penginjilan terhadap Suku Boti Timor Tengah Selatan NTT 
           
            Dari data yang penulis dapatkan bahawa Banyak kaum tua Boti yang tidak lancar bahkan tidak bisa berbahasa Indonesia termasuk sang raja. Sehari-hari mereka menggunakan bahasa daerah Dawan. Namun demikian bahasa bukan halangan bagi warga Boti untuk menyambut tamu-tamu mereka yang datang ke desa mereka. Keramahan dan senyum hangat mereka rasanya sudah lebih dari cukup sebagai media komunikasi, simbol keterbukaan mereka terhadap para pengunjung yang ingin merasakan kedamaian dan kesahajaan di Desa Boti.oleh sebab itu penulis berniat untuk belajar dan memperdalam bahasa Timor Dawan untuk bisa masuk kedalam suku Boti dan dapat memberitakan kabar keselamatan dari Yesus Kristus.[17]
Setelah penulis berhasil mempelajari bahasa Dawan penulis akan menetap untuk beberapa lama agar bisa lebih dekat dan akrab dengan masyarakat suku Boti. Dengan kedekatan itu penulis lebih mudah memasukan Injil didalam budaya dan kepercayan mereka. Penulis akan memberitakan bahwa Uis Neno sebagai papa atau bapak yang merupakan penguasa alam baka yang akan menentukan seseorang bisa masuk surga atau neraka berdasarkan perbuatannya di dunia.[18] Pehamana suku Boti Yang selama ini mereka percayai adalah Yesus Kristus dan hanya melalui Yesus Kristus saja setiap orang bisa masuk surga, dengan percaya kepada Yesus kita semua sudah memperoleh jaminan untuk masuk surga. Demikianlah strategi yang akan penulis pakai untuk memenagkan suku Boti.








Bab V
Kesimpulan

            Jumlah suku Boti semakin berkurang tetapi meski jumlah penduduk Boti Dalam makin berkurang, namun mereka masih survive tetap melaksanakan upacara-upacara peninggalan nenek moyang mereka. Suku Boti dikenal sangat memegang teguh keyakinan dan kepercayaan mereka yang disebut Halaika. Mereka percaya pada dua penguasa alam yaitu Uis Pah dan Uis Neno. Uis Pah sebagai mama atau ibu yang mengatur, mengawasi, dan menjaga kehidupan alam semesta beserta isinya termasuk manusia. Sedangkan Uis Neno sebagai papa atau bapak yang merupakan penguasa alam baka yang akan menentukan seseorang bisa masuk surga atau neraka berdasarkan perbuatannya di dunia.
Suku Boti adalah suku yang sangat kuat memegang kepercayaannya dan penulis ingin memasukan injil melalui pemahaman tetang kepercayaannya selama ini. Bahwa melalui  Yesus kristus  saja setiap orang bisa masuk surga, dengan percaya kepada Yesus kita semua sudah memperoleh jaminan untuk masuk surga. Dan penulis mengambil keputusan bahwa panggilan buat Yesus Kristus adalah Uis Neno menurut pemahaman suku Boti.









Lampiran


Foto Kabupaten Timor Tengah Selatan dibagian lebah adalah tempat kediaman suku Boti



           
(Almarhum Raja Boti Usif Nune Benu.)   (Raja Boti, Usif Nama Benu)
(Kegiatan sehari-hari menenun dan memintal)


[2]Untuk foto-foto kabupaten timor tengah selatan dapat dilihat di Bab Lampiran.
[3]Hasil wawancara dengan Pdt. Ferdinan K. Sinlae  Gembala Sidang Gereja Bethel Injil Sepenuh Elshadday di Kupang, pada tanggal 10 Oktober  2011 pukul 10.00 WIB. (via telepon)
[4]Nama Benu merupakan anak laki-laki ke dua atau anak ketiga dari Nune Benu yang diangkat menjadi raja baru suku Boti setelah raja lama Nune Benu meninggal dunia. Kakak lelakinya yang bernama Muke Benu telah memeluk agama Kristen sehingga kehilangan hak menjadi raja Boti dan harus meninggalkan kompleks istana Boti. Usianya saat ini sudah sekitar 40 tahun namun belum menikah karena itu, saat penelitian ini, belum menggunakan konde pada rambutnya. Ia tidak dapat menggunakan bahasa Indonesia seperti ayahnya. Kharismanya sudah tampak pada sikapnya yang sangat hati-hati dalam berbicara. Ia juga melakukan kegiatan-kegiatan doa-doa terhadap Uis Neno dan Uis Pah yang ada di dalam alam. Menurutnya doa harus menggunakan sarana alam berupa batu yang ditempelkan ke tanah dan di atasnya ditaruh kayu dengan tangan yang akan menghubungkan dirinya dengan alam
[5]Alfin, Pos Kupang Edisi Minggu 29 Juni 2008, halaman 11 (diambil 23 Oktober 2011)  
[6]Hasil wawancara dengan Pdt. Ferdinan K. Sinlae  Gembala Sidang Gereja Bethel Injil Sepenuh Elshadday, pada tanggal 21 Oktober  2011 pukul 11.00 WIB.
[8]Alfin, Pos Kupang Edisi Minggu 29 Juni 2008, halaman 11 (diambil 23 Oktober 2011)  
[9]Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur. Proyek Pembinaan Permuseuman, 1996/1997: 7(diambil 21 November 2011 )
[10]Hasil wawancara dengan Marten Kase  warga kabupaten Timor Tengah Selatan, pada tanggal 21 Oktober  2011 pukul 11.00 WIB.   
[12]ADM, Parera. Sejarah Pemerintahan Raja-Raja Timor.( Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1999)44.
[14] Usif Nama Benu adalah anak dari  raja Usif Nune Benu yang telah wafat dan  Usif Nama Benu sekarang menjabat sebagai raja suku Boti.
[16]Imelda Chr. Tunliu (“Suku Boti” dalam mata kuliah Agama Suku dan Kebatinan pada Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.)

[17]Jimmy Walles, http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Boti (Diambil 24 November 2011)